Rabu, 08 Februari 2012

Sepak Terjang Fak. Ushuluddin

Fakultas Ushuluddin ini semula didirikan di Tegal atas prakarsa Drs. M. Chozien Mahmud dkk. dibawah naungan yayasan swasta bekerja sama dengan IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Perintis Fakultas Ushuluddin di Tegal ini antara lain: Drs. M. Chozien Mahmud (anggota BPH Seksi D Kab. Tegal), Moh Cholid Oesodo (anggota DPRD kab. Tegal) dan KH. Qosim Tafsir (pengusaha dan Tokoh Masyarakat.
Tiga tokoh di atas pada awal September 1968 membicarakan proses pendirian Fakultas ini dengan Bupati Kab. Tegal (Letkol Soepardi Yoedodarmo) dan diukung penuh dengan memberi bantuan satu juta rupiah guna pengurusan administrasi ke Jakarta seiring yayasan telah memiliki sebidang tanah berikut gedung kuliah di Procot Slawi serta 100 buah kursinya.
semula menginduk pada IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan memilih Fakultas Tarbiyah sesuai rapat 6 September 1968 namun dalam perkembangannya dialihkan ke IAIN Walisongo setelah penegriannya tanggal 6 April 1970. Berdasar konsultasi pendiri, menteri agama RI (KH. Moh. Dahlan, Rektor IAIN Sunan Kalijaga (Prof. RHA. Soenarjo, SH), wakil Rektor I IAIN Walisongo (Drs. Soenarto Notowidagdo) dan Direktur Perguruan Tinggi Agama (HA. Timur Jaelani, MA) disepakati pemindahan Fakultas Tarbiyah IAIN SUnan Kalijaga ini menginduk ke IAIN Walisongo.
Muncul masalah, karena IAIN Walisongo telah memiliki Fakultas Tarbiyah Salatiga dan Kudus maka beralihlah Faultas Tarbiyah ini ke Fakultas Ushuluddin dengan pertimbangan:
1. Jika tetap memilih Fakultas Tarbiyah diperlukan izin khusus Menteri Agama (memakan waktu lama)
2. Sejak semula para pendiri tidak memutuskan jenis fakultas tertentu
3. Pertimbangan KH. Saefuddin (Ketua DPRGR) dalam kunjungannya ke Tegal tahun 1970
Maka berdasar SK Menag RI no 254/70 tanggal 30 September 1970 Fakultas Ushuluddin IAIN al-Jami’ah Walisongo cabang Tegal resmi berdiri dan peresmian penegriannya pada tanggal 14 April 1971
Berdasar Keputusan Menteri Agama RI nomor 17/ 1974 tanggal 25 Pebruari 1974 Fakultas Ushuluddin ini pindah ke Semarang, dan tahun 1975 total perkuliahan berada di Semarang.

Visi

Sebagai pusat unggulan (center of excellence) pengkajian Teologi dan Filsafat Islam dalam rangka mewujudkan sikap keberagamaan yang membumi, humanis dan rahmah lil al-alamin.

Misi

1.Mempelajari berbagai dimensi teologis dan filosofis dari ajaran agama Islam sebagai upaya mewujudkan sikap keberagamaan yang membumi, humanis dan rahmah lil al-alamin.
2. Menanamkan nilai-nilai teologis dan filosofis dari ajaran agama sebagai motivator dan basic principle (roh) pembangunan peradaban manusia.

Pimpinan Fak. Ushuluddin Masa Jabatan 2012-2015

Dekan [Dr. Nasihun Amin, M.Ag]
Pembantu Dekan I [Drs. Machrus, M.Ag]
Pembantu Dekan II [Dr. H. A. Hasan asy’ari ulama’i, M.Ag]
Pembantu Dekan III [H. Hasyim Muhammad, M.Ag]
Tata Usaha [Drs. AH. Miftah AR]


Jika kamu tertarik dengan blog ini, bantu komen.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

    PSIKOLOGI

    More on this category »

    SUFISME

    More on this category »

    AKTIVITAS

    More on this category »

    SERBA-SERBI

    More on this category »